Tips Rileks Di Tengah Kemacetan Lalu Lintas

Kemacetan bukan hanya mencuri waktu. Kemacetan juga menguras emosi. Salah satu tips tetap rileks di tengah kemacetan: terimalah kemacetan sebagaimana adanya.

Tak ada yang suka kena macet. Bila penumpang saja mengeluh, apalagi sopir yang harus berkali-kali mengganti gigi perseneling, menginjak pedal gas, dan rem bergantian. Itu melelahkan. Bukan hanya lelah secara fisik, namun juga lelah secara mental. Terlebih lagi bila anda harus segera tiba di tempat tujuan. Rasa terburu-buru akan mengacaukan emosi. Padahal di tengah-tengah kemacetan terselip sedikit waktu untuk belajar; yaitu belajar mengendalikan diri dan tetap tenang di tengah keadaan yang tak diinginkan. Berikut beberapa tips agar kita bisa tetap rileks di tengah kemacetan.

1. Terimalah kemacetan sebagaimana adanya

Ada guyonan, “if you are raped, and you can’t get rid off it, just enjoy it”. Jika anda sudah terjebak macet dan tak ada jalan keluar, maka nikmati sajalah kemacetan itu. Terimalah kemacetan sebagai sebuah realita apa adanya. Angkat kedua bahu seraya berkata dalam hati, “Inilah yang harus aku hadapi.”

2. Tenangkan tubuh anda

Tarik nafas dalam-dalam. Kendurkan seluruh tubuh anda. Lakukan peregangan ringan. Mulai dari leher, bahu, tangan, punggung, kaki-kaki hingga ke pergelangan kaki anda. Bila kemacetan itu begitu lama, tak ada salahnya keluar dari kendaraan untuk berjalan-jalan sejenak. Bila memungkinkan, segarkan tubuh anda dengan minum air putih atau membasuh muka dengan air segar.

3. Rilekskan pikiran anda

Bila anda biasa bermeditasi, ini saat yang baik untuk menjalankan program meditasi semenit anda. Bila seluruh urusan anda harus berantakan gara-gara macet, cobalah menghubungi mereka yang menunggu anda. Katakan bahwa anda sedang terjebak kemacetan. Tak ada salahnya bila menyalakan radio dan mencari tahu seberapa parah kemacetan terjadi. Mungkin dari situ anda bisa mendapatkan informasi jalur-jalur alternatif.

4. Usahakan bersenang-senang

Putar lagu-lagu kesenangan. Dengarkan saluran radio favorit. Atau, telpon rekan-rekan yang sudah lama tak bertemu. Bila anda bepergian bersama orang lain, buat percakapan yang menarik, berguraulah, atau berbagai kegiatan lain. Adalah sesuatu yang sangat berharga bila anda tetap bisa bergembira di tengah kemacetan yang menjengkelkan bagi banyak orang lain.

5. Lakukan sesuatu yang produktif

Sambil menunggu kemacetan, sebenarnya anda tetap bisa melakukan kegiatan yang produktif. Misal, membaca koran, buku, dan lain-lain. Atau, anda bisa mulai menyusun sesuatu tentang pekerjaan anda. Namun, agar tak menambah ketegangan, lakukan sesuatu yang ringan-ringan saja.

6. Menepilah dan tunggu hingga kemacetan itu usai

Bila anda mempunyai banyak waktu, sedangkan kondisi tubuh anda kelewat lelah, jangan ragu untuk menepikan kendaraan. Menunggu sampai kemacetan itu usai. Kemacetan takkan terjadi selamanya. Cepat atau lambat pasti akan reda juga. Jangan khawatir, anda pasti akan tiba di tempat tujuan. Yang penting, selamat dan pikiran serta tubuh anda tidak terganggu.