Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Smart Work

Tips Mengingat Nama Seseorang

Submitted by on 28 July 2016 – 12:00 amNo Comment

Sebagian dari kita mungkin sulit mengingat nama seseorang yang baru dikenal. Kita bisa mengatasi kelemahan ini dengan berlatih. Salah satu caranya adalah dengan berkali-kali menyebut namanya selama bertemu.

Menyebut nama seseorang dengan benar adalah pintu pembuka hubungan yang lebih baik. Setiap orang senang bila namanya dikenal dan diucapkan dengan benar. Sayangnya tidak semua orang mampu mengingat nama orang lain dengan baik.

Tentu akan sangat rikuk bila kita bercakap-cakap dengan seseorang yang kita tak mampu mengingat namanya. Kita berusaha keras mengingat-ingat namun nama itu tak muncul dalam benak. Mau bertanya, tak berani. Khawatir dianggap tidak sopan.

Ya, sebagian dari kita memiliki kelemahan dalam mengingat nama orang, terutama orang yang baru dikenalnya. Oleh karena itu ada baiknya kita melatih diri mengingat nama orang yang baru kita kenal dengan tips berikut.

1. Saat berkenalan dengarkan namanya baik-baik.

Berkenalan bukan hanya sekedar berjabat tangan erat dan tersenyum ramah. Atau berbasa-basi sejenak. Simaklah baik-baik namanya. Orang merasa dihargai bila anda berusaha mengenal dan mengingat namanya.

2. Bila perlu, ulangi menyebutkan namanya dengan lengkap.

Ini untuk membantu anda memusatkan perhatian pada nama orang itu dengan benar.

3. Bacalah namanya berulang-ulang dalam hati.

Ada baiknya anda meminta kartu nama orang baru anda kenal. Kartu nama adalah sarana terbaik untuk mengingat nama seseorang. Letakkan kartu nama orang itu di hadapan anda selama pertemuan, dan bacalah berulang-ulang dalam hati. Ini akan menancapkan ingatan yang lebih kuat pada benak anda.

4. Perhatikan wajah orang itu dan kenali ciri-ciri yang khas.

Bantulah ingatan anda dengan mengenali wajah serta ciri-ciri khas yang mengingatkan anda padanya. Seperti, tahi lalat, bentuk hidung, senyumnya, dan lain-lain. Misal, Wahyu yang memiliki tahi lalat seperti Rano Karno.

5. Hubungkan nama orang dengan obyek tertentu yang mudah diingat.

Banyak nama berhubungan dengan obyek tertentu. Misal, nama bulan, tempat, kejadian, orang terkenal, dan lain sebagainya. Mudahkan ingatan anda dengan mengasosiasikan orang tersebut dengan obyek-obyek khas.

6. Sebutkan namanya selama pertemuan.

Tataplah orang itu dan sebutlah namanya berulang-ulang selama pertemuan. Tak beberapa lama, anda akan menyadari bahwa anda bisa menyebutkan namanya dengan benar kemudian mengingatnya.

7. Tutuplah pertemuan dengan menyebut namanya

Untuk menguatkan ingatan anda selepas pertemuan, maka akhiri pertemuan dengan menyapa namanya.

Credit Image: Creative Magic | pixabay.com

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.