Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Tips Gampang Membuat Hidup Lebih Bahagia Hari Ini

Submitted by on 6 December 2015 – 12:00 amOne Comment

Orang yang bahagia bekerja lebih produktif. Mereka lebih sehat, lebih bugar. Mereka puas dengan kehidupan mereka. Mereka aktif dan bersemangat menjalani hidup sehari-hari.

Image Credit: Marcy Kellar | Flickr.com

Semua orang ingin hidup bahagia. Meski definisi bahagia bagi setiap orang tidak sama, namun setidaknya kita bisa sepakat bahwa bahagia adalah sebuah kondisi emosi yang positif, menyenangkan, damai dan penuh kasih sayang. Orang yang berbahagia bekerja lebih produktif. Mereka lebih sehat, lebih bugar. Mereka puas dengan kehidupan mereka. Mereka aktif dan bersemangat menjalani kehidupan sehari-hari.

Bagaimana kita bisa berbahagia? Sepertinya kebahagiaan hanya milik mereka yang kaya dan terkenal. Tentu saja, pendapat yang terakhir ini keliru. Kita semua berhak bahagia. Berita bagusnya, kita bisa melatih diri menjadi bahagia; bahkan dengan cara yang sederhana, gampang, tanpa biaya. Berikut tips menjadi bahagia yang bukan hanya mudah melainkan juga terbukti secara ilmiah.

Olahraga: 7 menit saja sudah cukup

Tak perlu menjadi anggota klub gym atau membeli perlengkapan olahraga mahal. Anda bisa mulai berolahraga hari ini; bahkan dengan tanpa alas kaki sekali pun. Lakukan jogging, jumping jack, atau jalan cepat. Mau yang lebih menantang? Lakukan plank, push-up, squat atau burpees. Jika anda mengeluh tak punya waktu untuk berolahraga, jangan kuatir. Cukup dengan berolahraga selama 7 menit, tubuh anda akan melepas endorphins; zat yang membuat anda merasa senang dan bahagia.

Jika anda masih juga ragu bahwa olahraga akan membuat anda bahagia, coba temui orang yang baru selesai berolahraga. Meski mereka tampak lelah, banjir keringat dan terengah-engah, mereka pasti akan tersenyum dan menyambut anda dengan gembira.

Ayo tersenyum hangat

Tersenyum adalah bahasa tubuh yang luar biasa. Seorang bos yang memasuki ruangan rapat dengan senyum akan menebarkan atmosfer positif bagi para bawahannya. Saat berfoto bersama, fotografer yang baik tak pernah lupa meminta kita tersenyum lebar. Senyum bukan hanya baik bagi orang lain, sesungguhnya senyum memberikan efek bahagia bagi diri sendiri. Tersenyum mampu meredakan perasaan-perasaan duka, memperbaiki mood dan membuat kita dapat berpikir lebih jernih.

Mulailah belajar tersenyum. Amati bagaimana anda tersenyum di cermin. Apakah senyum anda hanya sekedar menarik ujung bibir, atau disertai dengan menyempitnya garis lekuk mata. Mudah sekali membedakan mana senyuman hangat – yang menyenangkan semua orang, dan senyuman terpaksa yang hambar.

Cukup tidur: hindari begadang yang tak perlu

Bila sepanjang hari anda merasa tak semangat, nyeri di sekujur tubuh dan mudah uring-uringan, tanpa tahu apa sebabnya, mungkin semalam anda kurang tidur. Kita tahu, saat tidur tubuh melakukan proses pemulihan agar kembali sehat dan bugar. Bukan hanya itu, penelitian menunjukkan tidur membuat kita menjadi lebih tidak sensitif terhadap emosi-emosi negatif.

Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang kurang tidur dapat mengingat 81% kosa kata yang berkonotasi negatif, seperti kanker. Sebaliknya, mereka hanya mampu mengingat 31% kosa kata yang berkonotasi positif atau netral, seperti sinar matahari. Ingin hidup bahagia? Tidurlah lebih awal, lebih lama dan bangun lebih pagi.

Tenangkan diri, lakukan meditasi

Ketika anda merasa situasi mulai berlarian kencang dan anda kehilangan perhatian, berhentilah sejenak. Ambil nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan. Lakukan beberapa kali. Meditasi bukan hanya mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Meditasi juga dapat mengembalikan kesadaran diri, menumbuhkan empati dan meredakan stres. Itu semua akan membuat anda menemukan kembali kebahagiaan anda.

Temui orang-orang tercinta

Selalu ada perasaan ajaib ketika kita bertemu dengan orang-orang yang kita cintai. Ada perasaan haru, senang, dan tentram bercampur aduk. Bahkan bagi seorang introvert sekali pun, bertemu dengan keluarga, sahabat atau kerabat yang dicintai, merupakan peristiwa yang membahagiakan.

Bila anda tidak percaya, coba telpon sahabat anda sekarang juga. Atau, jika anda di kantor, datangi dan sapa kolega kerja terdekat anda. Jika anda di rumah, ketuk kamar anak anda dan ajak bercanda. Kebahagiaan itu tidak hanya akan anda rasakan sendiri, orang-orang yang anda cintai juga akan merasakannya. Anda tak perlu memiliki barang-barang mahal untuk menjadi bahagia. Yang anda butuhkan adalah sebuah hubungan sosial yang penuh kasih sayang.

Memberi: Bertindak baik kepada orang lain

Manakah yang lebih membahagiakan: memberi atau menerima? Kebanyakan orang menganggap menerima lebih membahagiakan. Namun beberapa penelitian menunjukkan hal sebaliknya. Tindakan-tindakan prososial, seperti menjadi sukarelawan, menolong orang lain, kerja bakti atau memberikan sumbangan tenaga ternyata memberikan kebahagiaan yang sangat besar. Penelitian lain menunjukkan, membelanjakan uang untuk keperluan orang lain lebih membahagiakan ketimbang untuk diri sendiri. Bukan hanya itu, sebuah tindakan baik yang anda lakukan hari ini akan memotivasi anda untuk melakukan tindakan baik yang lebih besar di kemudian hari. Ini berarti akan memberikan pengalaman yang lebih membahagiakan.

Kebahagiaan didapat ketika anda merasa hidup anda bermakna dan bermanfaat bagi orang lain, lingkungan atau kepentingan sosial.

Bersyukur

Menerima pemberian dari orang lain tentu sangat menyenangkan. Namun kebahagiaan akan dirasakan saat kita mensyukuri setiap pemberian dengan penuh kesadaran. Bersyukur mengajarkan kita untuk senantiasa melihat dari sisi apa yang kita peroleh ketimbang meratapi kekurangan atau keinginan yang tak terpenuhi. Sesungguhnya kita telah mendapatkan jauh lebih banyak dari yang kita sadari.

Ada banyak cara mewujudkan rasa syukur. Ucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah membantu atau memenuhi permintaan anda. Panjatkan doa syukur atas segala kenikmatan yang anda peroleh dalam hidup ini. Bersyukur membuat anda merasa cukup, terkaruniai dan dicintai. Dan, wujud tertinggi dari rasa syukur adalah dengan mengembalikan semua anugerah yang anda peroleh dengan berbuat baik bagi orang lain dan kehidupan. ***

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: +2 (from 2 votes)

One Comment »

  • robus says:

    Mantaap yang bro….
    Tips sederhana yang nggak banyak orang tahu….
    Terima kasih sudah di-summary-kan..

    VA:F [1.9.18_1163]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.18_1163]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.