Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Musik

The Shapeshifters – Sound Advice

Submitted by on 16 May 2010 – 12:00 amNo Comment

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 3.7/5 (3 votes cast)
Artis: The Shapeshifters
Album: Sound Advice
Jumlah Lagu: 12
Tahun: 2006

Dari sekian banyak kejadian di dunia dance music belakangan ini, ada satu yang paling saya ingat. Yaitu Incredible-nya The Shapeshifters.

Ya, setahun 2007-2008 ini, ada banyak catatan saya. Yang paling fenomenal, Tiesto datang dan manggung diIndonesia. Saya tidak menonton. Maklum, saya tak cukup bekal untuk  terbang ke Ancol dan nonton sang mister spinning. Lalu, ada Armin Van Buuren mencatat seri A State Of Trance yang ke 250, live bersama beberapa DJ lain selama 8 jam di Asta. Bagi yang suka serial ASOT, silakan download. Filenya berserakan di mana-mana. Paul Oakenfold juga merilis album baru.

Tapi yang paling saya tunggu adalah albumnya the Shapeshifters ini. Hanya satu sebab, saya jatuh cinta pada single Incredible-nya yang betul-betul asyik dan addictive. Sayangnya, album itu tidak mudah di dapatkan. Justru lebih mudah mendownload single Incredible dari internet ketimbang membeli albumnya di toko musik. Termasuk single lain: Lola’s Theme dan Back To Basic. Saya baru bisa mendapatkan albumnya jauh berbulan-bulan kemudian. Dan, begitu album ini masuk dalam CD player, wooowww… ammpunn. Lagi-lagi menunjukkan betapa suburnya British melahirkan jagoan dance musik.

You Never Know. Ya, saya sedikit kecewa karena album ini tidak dibuka dengan nomor Incredible, atau nomor up-beating. Tapi, “You Never Know” yang mid tempo ini sebenarnya tidak terlalu mengecewakan, calm, ngepop dengan vokal yang manis.

Sensitivity. Ok, let’s move on. Dimulai dengan kocokan gitar, string section lalu bassline yang asyik sebagai appetiser. Ditambah vocal yang cukup ngesoul.

Lola’s Theme. Woww! Nomor ini bener-bener cakep. Mulai dengan piano ringan, brass sesction, lalu string dan tentu saja beat plus soulful vokal. Track of the album. 

Incredible. Yeah, inilah sang jagoannya. Catchy. Groovy. Very addictive. Saya tak sadar bahwa track ini ternyata sudah diputar belasan kali. Really hot. Dijamin mengajak kita, tak peduli dimana dan sedang apa, untuk bergoyang-goyang.

Really Feel. Ini bukan sekedar filler beat, karena tak kalah mengasyikkan. Meski tidak terlalu trancey, namun nomor ini cukup enak sebagai teman trip. Shapeshifter ingin menunjukkan bahwa mereka juga bisa menulis untuk penggemar sweet chilltrance.

Over Me. Nomor ini paling asyik diputar sambil laid back setelah lelah ngedance tetapi belum ingin kehilangan mood. Nomor lembut yang manis, sedikit ngepop, tetap dengan sentuhan beat dan soul.

 

If In Doubt Go Out. Nomor deep groove, sedikit techno. Bisa digarap lebih keras ke arah trance. 

Back To Basics. Lanjut! Kita ngedance lagi. Kali ini dengan deep soul groove yang catchy. Benar-benar sedap. 

Route One. House beat filler yang sebaiknya dicoret dan diganti dengan pilihan nomor lain yang lebih menarik.

Little Green Men. Nomor bernuansa retro. Lumayan buat goyang-goyang badan.

Beautiful Heartache. Hmm, kali ini nomor yang psychedelic. Cukup chillin’ sebagai teman perjalanan pulang tengah malam. 

Instead Of Falling. Closing yang cukup panjang dengan mild tempo yang searoma dengan opening track.

Siapa duo dance favorit kita? Basement Jaxx? Deep Dish? Blank & Jones? Ya, mereka membawa genre sendiri-sendiri. Karenanya ketika The Shapeshifters datang dengan genre yang beda, saya menemukan favorit baru.

The Shapeshifters datang mengusung nomor dance yang lebih ngegroove, deep juga ngesoul. Tidak seprogressive Basement Jaxx. Tidak juga seringan Deep Dish. Apalagi sekencang Blank & Jones. Musik The Shapeshifters lebih hangat, cukup polite untuk mengajak kita ngedance dan enak didengar dan didendangkan. Itu menunjukkan dua Inggris ini bukan sekedar jago ngedeejay atau memainkan beat, mereka juga piawai menulis lagu. Empat nomor awal menunjukkan ketrampilan mereka untuk menulis lagu, bukan sekedar lagu ngepop namun soulful, sekaligus menyusun groove yang addictive.

Duo Simon Marlin dan Max Reich dari Inggris ini pantas jadi jagoan baru di dunia dance. Dan album debutan mereka ini sudah membuktikannya: sebuah debut album yang menebarkan begitu banyak kegairahan. Mengasyikkan. Hmm, apalagi?

Anda yang suka bergoyang, perlu mendengar album ini. Dijamin ketagihan. Kalau tidak, hhmmm mungkin ada yang perlu diperbaiki di persendian anda.

The Shapeshifters - Sound Advice, 3.7 out of 5 based on 3 ratings

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.