Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Musik

Rivermaya – You’ll Be Safe Here

Submitted by on 5 May 2010 – 12:00 amNo Comment

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 4.0/5 (3 votes cast)
Artis: Rivermaya
Album: You’ll Be Safe Here
Jumlah Lagu: 12
Tahun: 2006

Selain suka membeli album musisi terkenal, saya juga berani membeli album dari musisi-musisi yang sama sekali, setidaknya saya, belum dikenal. Ya, terkenal atau tidak adalah urusan pasar. Sedangkan musik is another thing.

Salah satunya adalah Rivermaya ini. Saya beli album Rivermaya berjudul You’ll Be Safe Here di Desember 2006, di sebuah toko musik diJakarta. Waktu itu, saya bener-bener tidak tahu siapa Rivermaya ini? Cover CD-nya sederhana. Di bagian belakang ada list judul yang kesemuanya berbahasa Inggris. Dan, hey, ada satu lagu berjudul “Bali Song”. Lagu Bali? Jangan-jangan mereka memainkan world music? Apalagi nama band Rivermaya langsung membawa melambungkan imajinasi ke alam mayapada. Ok, saya coba beli album ini. Siapa takut?

Agak terkecoh juga, ketika memutar lagu pertama ternyata yang muncul adalah britpop. Terlebih lagi pengucapan si vokalis di bagian “here” kok terasa aneh. Jangan-jangan ini bukan group orang British. Memang ini album lagu pop, tapi sepertinya ini bukan pop yang cekak. Musiknya lumayan menarik. Track satu berlalu dengan selamat. Dua, tiga juga mengalir lancar, dan, jreng track nomor empatnya hebat!.

Belakangan saya tahu bahwa Rivermaya adalah grup band Filipino, pernah nyabet MTV Award. Ok, boleh juga. Saya tidak terlalu kecewa, malah salut, rupanya selera musik anak-anak Philipina artistik juga.

You’ll Be Safe Here. Pembukaan yang slow dan manis.Ada pengaruh britpop, ada sound U2. Vokal Rico Blanco di beberapa bagian terasa tanggung dan kedodoran. Yah, lumayan sebagai tembang andalan.

A Love To Share. Masih dengan britpop dan sound U2. Tempo sedang plus beat yang lebih ngegroove. Lebih catchy ketimbang track pertama.

Serious Offender. Rock yang tanggung. Kali ini dengan distorsi, kocokan gitar yang riuh, gebukan drum, plus teriakan sang vokalis. Lagu: ok. Musik: tanggung. Mestinya bisa lebih garang.

Faithless. Wow, saya suka lagu ini. Teringat Smashing Pumpkins. Musik dan lagunya sip! Kasar tapi cakep. Boleh saja kalau Rico mau menirugaya bernyanyi Billy Corgan. My fav! 

241 (My Favorite Song). Kalau suka track 1, mungkin akan suka nomor ini. Nomor yang mellow. Lagi-lagi, problemnya ada pada sang vokalis, sehingga nomor ini jadi kurang mantab.

Stranded. Ya, musiknya lucu juga. Tapi variasi/eksperimen yang berlebih membuat nomor ini jadi tanggung. Next track please.

Sunday Driving. Nomor yang tenang, enak untuk laid back. Ambientnya asyik. Dan, ada U2 lagi. Cocok untuk driving on sunday. Like it much. 

Take My Cue. Dibuka dengan tempo yang speed, catchy, danceable. Not bad.

BaliSong. Judul lagu “Bali Song”-lah yang membuat saya tertarik membeli album ini. Sama sekali tidak ada rasa Bali-nya. Tetapi ini lagu pop yang asyik, suguhan musik yang tidak gampangan. Perhatikan permainan tempo dan ornamen musiknya. Salut.

Noontime Show. Nomor yang tidak jelas mau kemana dan apa idenya. Saya tidak begitu mengerti maksud lagu ini.

One Good Afternoon. Nomor ringan. Seperti Beatles dimainkan dengan iringan britpop.

Imbecillesque. Closing yang romantik. Dibuka oleh duet accoustic gitar dan vokal (aduh vokalnya standar banget), lalu ornamen synth yang lembut. Silakan nyalakan korek api. 

Benarkah musik Rivermaya disuka remaja-remaja Philipina? Kalau ya, salut pada selera musik anak-anak Filipino. Dibanding kebanyakan grup musik yang sedang ngetop di kalangan remajaIndonesia, musik-musik Rivermaya punya keunggulan sendiri. Menurut saya, penulisan lagu, aransemen dan skill Rivermaya lebih dari sekedar menarik. Terasa sekali Rivermaya banyak dipengaruhi permainan musik grup-grup British. Di Indonesia pun tak sedikit grup musik yang menyelipkan britpop, seperti Peterpan, Nidji, Letto. Bedanya, Rivermaya jauh lebih intens dan mengandalkan skill penguasaan alat. Keberatan saya ada pada vokalnya yang tidak cukup confident.

Membaca bio Rivermaya di Wikipedia, surprise juga. Mereka sudah mengeluarkan belasan album sejak tahun 1994. Tetapi baru berani masuk keIndonesiatahun 2006 dengan album “You’ll Be Safe Here”. Album ini pun seperti album lagu pilihan untuk masuk ke pasarIndonesia. Anyway, selamat datang diIndonesia.

Saya sudah putar album ini lima kali, dan masih menikmati musiknya.

Rivermaya - You'll Be Safe Here, 4.0 out of 5 based on 3 ratings

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.