Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Rahasia Umur Panjang The Blue Zones

Submitted by on 15 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Berumur panjang nan sehat adalah sebuah berkah. 20% umur panjang terkait dengan faktor genetik. Sedangkan 80% berasal dari gaya hidup kita sehari-hari.

Image Credit: Alex Santos Silva | Flickr.com

Apa yang anda bayangkan tentang seorang manula? Sesosok lemah, yang selalu perlu bantuan hanya sekedar untuk ke kamar kecil, pelupa atau sakit-sakitan? Jika demikian, ada baiknya kita berkenalan dengan Frank Shearer. Profil beliau dapat ditemui di majalah National Geographic edisi 2005 dan buku The Blue Zones karya Dan Buettner, yang menampilkan kegemarannya bermain ski air di usia 100 tahun. Frank tidak sendiri. Ada Marge Jetton, 100 tahun juga, yang masih terlihat keren memainkan dumbbell. Ada, Eiryu Toguchi, 105 tahun, dari Okinawa. Raffaela Monne, 107 tahun, dari Sardinia. Don Faustino, 101 tahun, dari Costa Rica. Dan masih banyak orang-orang lanjut usia lain yang tetap tampak sehat, bersemangat, aktif dan penuh daya hidup.

Mereka adalah penghuni area biru, Blue Zones, sebutan untuk wilayah dengan populasi orang lanjut usia hingga 100 tahun atau lebih terbanyak di dunia. Setidaknya ada empat Blue Zones yang dicatat oleh Dan Buettner: Sardinia, Italia; Okinawa, Jepang; Loma Linda, Amerika Serikat dan Nicoya, Costa Rica. Bagaimana mereka  bisa berumur panjang nan sehat? Para peneliti meyakini, umur panjang disebabkan oleh faktor genetik sebesar 20%. Sedang 80% sisanya dicapai melalui gaya hidup. Ini berarti umur panjang dan kesehatan bukan semata-mata misteri ilahi. Kita semua bisa mencapainya bila kita mau belajar dan menerapkannya.

Beberapa kesamaan dari para manusia-manusia yang terberkati tersebut  adalah mereka tidak merokok, mengutamakan keluarga, selalu aktif berkegiatan sepanjang hari, memiliki tujuan hidup yang jelas, melakukan hal-hal yang bermakna, berhubungan dengan orang-orang lain, menyantap diet berbasis tumbuhan, seperti buah-buahan, sayur mayur, bijian-bijian dan gandum, menerapkan gaya hidup sehat, tidak makan berlebihan.

Apakah anda ingin menciptakan Blue Zone pribadi? Berikut sembilan langkah menurut Dan Buettner yang dirangkum dari bukunya The Blue Zones.

1. Bergerak! Jadilah orang aktif sekarang juga.
Orang-orang luar biasa yang berumur panjang tidak perlu berolahraga triatlon atau menjadi atlet super dadakan di akhir pekan. Mereka selalu melakukan kegiatan fisik ringan secara teratur yang merupakan bagian rutin dari kehidupan sehari-hari. Mulailah bergerak dan jangan biarkan diri anda merasa nyaman. Jangan malas untuk bangkit, berdiri, berjalan, berjongkok, membungkuk, naik turun tangga, mengangkat barang-barang. Lakukan dengan gembira. Tentu saja olah raga baik, asal dilakukan secara moderat dan rutin.

2. Hara Hachi Bu. Berhentilah makan sebelum kenyang.
Pepatah yang berasal dari Okinawa ini mengajarkan agar kita berhenti makan saat perut sudah 80 persen terisi. Jika orang awam berhenti makan mengatakan, “Saya kenyang”; maka orang-orang Okinawa berhenti makan dan berkata, “Saya sudah tidak lapar lagi.” Dapatkah anda memahami perbedaannya? Bagaimana kita bisa makan dan berhenti sebelum kenyang? Beberapa tips yang dapat dilakukan: makan lebih lambat, fokuskan pada makanan, jangan makan sambil menonton tv atau bekerja, makanlah sambil duduk. Selain itu, orang-orang manula di Blue Zones biasanya makan malam lebih awal dalam jumlah sedikit. Mereka memenuhi kebutuhan kalorinya di makan pagi atau makan siang. Intinya, jangan makan berlebihan.

3. Utamakan diet berbasis tumbuhan. Hindari daging dan makanan olahan.
Beberapa penelitian terhadap ribuan orang vegetarian menyebutkan bahwa mereka yang membatasi konsumsi daging hidup lebih lama. Secara tradisional orang-orang Sardinia, Nicoya dan Okinawa memakan apa yang mereka tanam di kebun ditambah beberapa bahan makanan pokok. Mereka selalu memasukkan minimal dua macam sayuran pada setiap waktu makan. Mereka juga banyak mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Jika anda masih cenderung untuk makan daging, mulailah untuk membatasi dan menyantapnya dalam porsi kecil. Jadikan daging hanya sebagai menu tambahan, bukan menu utama.

4. Minum anggur merah secukupnya.
Ada kebaikan dalam minuman anggur hanya jika dikonsumsi secara moderat dan rutin. Anggur merah terbukti mengandung polifenol yang dapat membersihkan pembuluh darah. Namun demikian, anda tetap perlu waspada terhadap bahaya alkohol terutama jika anda tak mampu menahan diri untuk mengkonsumsi lebih banyak. Kunci mengapa orang-orang di Blue Zones mampu membatasi konsumsi alkohol adalah tingkat stres mereka yang rendah sehingga tidak membutuhkan alkohol sebagai kesenangan.

5. Jadilah orang yang bermanfaat. Tentukan tujuan hidup anda sekarang.
Orang Okinawa menyebutnya ikigai, sedangkan orang Nicoya menyebutnya plan de vida. Keduanya bermakna, “alasan mengapa aku bangun pagi.” Tujuan hidup akan mempertajam mental anda dan memperkuat daya tahan hidup. Tidak perlu membuat pernyataan misi pribadi  yang muluk-muluk. Seringkali tujuan hidup muncul dari sesuatu yang sederhana, semisal “melihat anak-anak atau cucu tumbuh sehat”. Tujuan hidup juga bisa berasal dari pekerjaan atau hobi yang anda lakukan dengan senang hati. Mempelajari hal-hal baru atau menguasai ketrampilan baru (misal, mempelajari alat musik, peralatan, hobi atau bahasa baru) akan memberikan manfaat ganda. Selain ketrampilan anda bertambah, kesehatan fisik dan mental anda juga membaik. Lakukan apa yang membuat anda bergembira dan penuh semangat. Manfaatkan segala bakat yang dianugerahkan pada anda dan jadikan hidup anda penting dan bermanfaat.

6. Istirahat cukup. Luangkan waktu untuk menghilangkan stres.
Istirahat yang cukup akan membuat hidup merasa lebih sejahtera. Bagaimana mungkin? Bukankah dalam kehidupan modern yang semuanya berlarian kencang menuntut kita untuk selalu bekerja keras bahkan sampai mengorbankan waktu istirahat? Jika diperhatikan orang-orang yang berumur panjang seolah memancarkan aura ketenangan yang luhur. Meski badan mereka melemah secara alami, mereka tahu bagaimana cara menikmati hidup ini; yaitu dengan berhenti sejenak untuk menemukan ketenangan. Mungkin anda ingin meraih dan melakukan banyak hal yang anda rasa penting, namun keterburu-buruan hanya akan membuat anda mengabaikan hidup ini. Seperti nasehat dari Raffaela, 107 tahun, “Hidup ini singkat. Jangan lari terlalu cepat karena kamu akan melewatkannya.”

7. Tingkatkan kehidupan spiritual.
Para manusia luar biasa yang berusia seabad nan sehat di mana pun mempunyai keyakinan dan kehidupan spiritual yang kuat. Tak peduli apakah anda seorang Muslim, penganut Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, Yahudi atau apa pun, kegiatan beribadah yang tekun anda lakukan sehari-hari menumbuhkan harapan dan peluang untuk hidup lebih lama. Mereka yang rajin beribadah lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan hal-hal yang merugikan dan cenderung berperilaku sehat. Ini dapat membuat mereka lebih bahagia dan damai karena mereka yakin telah “menjalani hidup yang benar”.

8. Jadikan keluarga sebagai prioritas. Dahulukan orang-orang tercinta.
Keluarga adalah tempat terbaik untuk memperpanjang umur. Mereka yang berusia seabad memiliki anak-anak dan cucu-cucu yang merawat dan membalas cinta mereka. Mulai hari ini, ciptakan kebersamaan yang kuat dalam keluarga anda. Miliki ritual makan bersama, liburan bersama, atau bersenang-senang  bersama.

9. Dapatkan dukungan sosial.
Bergaullah dengan mereka yang juga memiliki nilai-nilai Blue Zones. Ini akan memperkuat dukungan sosial bagi diri anda. Cobalah untuk mengenali orang-orang yang mempunyai kebiasaan baik lalu bergabunglah. Jauhkan diri anda dari sifat penggerutu dan suka mengeluh agar anda dapat diterima dengan baik.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.