Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Rahasia Umur Panjang The Blue Zones – Penganut Adven Loma Linda

Submitted by on 13 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Kita semua sudah mendengar ungkapan “Kebersihan adalah bagian dari iman.” Kita hanya perlu lebih sungguh-sungguh lagi agar meyakini bahwa “hidup sehat itu dekat dengan keimanan.”

Image Credit: Jefferson Alessandro | Pixabay.com

Ketika Amerika Serikat tercatat sebagai salah satu negara berperingkat tinggi dalam hal banyaknya penduduk yang mengalami obesitas, menderita diabetes dan penyakit jantung serta penyebar budaya pop terbesar di dunia, Loma Linda seakan menjadi lawan katanya. Loma Linda adalah kota kecil di negara bagian California dimana hampir seluruh restaurannya menjajakan menu vegetarian di samping menu reguler. Supermarket-supermarket di Loma Linda memajang beragam bahan pangan vegetarian, organik, bebas gluten, es krim bebas telur, dendeng kedelai dan beragam biji dan kacang-kacangan. Pemerintah kota mengontrol ketat penjualan alkohol dan melarang rokok. Tak heran jika Loma Linda dikenal sebagai kota dengan penduduk yang memiliki umur panjang, bahkan terpanjang, di Amerika Serikat.

Dalam artikelnya di National Geographic, penulis dan periset Dan Buettner memasukkan Loma Linda sebagai Blue Zone, yaitu wilayah dengan banyak penduduk yang berumur panjang hingga seabad atau lebih – satu-satunya di Amerika Serikat. Mereka adalah penganut ajaran Adven Hari Ketujuh. Ajaran ini dengan tegas menolak rokok, alkohol, makanan yang dianggap tidak bersih dalam Injil, seperti daging babi. Bahkan melarang mengkonsumsi segala jenis daging, makanan berkalori tinggi, minuman berkafein dan bumbu yang merangsang. Hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan berolahraga merupakan bagian penting dalam kothbah Adven.

Kita tentu saja tak harus menjadi bagian dari jemaat mereka, namun kita dapat belajar dari gaya hidup sehat yang mereka praktekkan. Ini membuktikan bahwa faktor terpenting untuk hidup sehat dan umur panjang adalah gaya hidup, bukan melulu soal genetik. Anda ingin berumur panjang? Cobalah taktik berikut ini.

Luangkan waktu untuk beristirahat.
Berhenti sejenak setiap minggu dari kesibukan sehari-hari; hari Sabat yang berlangsung 24 jam memberikan kita waktu untuk memperhatikan keluarga, Tuhan, persahabatan, dan alam. Penganut Adven mengatakan cara ini dapat menghilangkan stres, memperkuat hubungan sosial, dan memungkinkan adanya aktivitas yang teratur.

Menjaga berat tubuh yang sehat.
Penganut Adven sangat memperhatikan berat tubuh yang sesuai dengan tinggi badan. Untuk menjaganya, mereka aktif beraktivitas dan hanya sesekali memakan daging. Mereka mempunyai tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah yang lebih rendah, dan lebih sedikit menderita penyakit jantung dibanding orang Amerika pada umumnya.

Lakukan olahraga ringan dengan teratur.
Anda tak perlu menjadi pelari maraton untuk memaksimalkan harapan hidup anda. Melakukan olahraga ringan namun teratur, seperti berjalan kaki tiap hari, akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker tertentu.

Luangkan waktu bersama teman-teman  dari lingkungan yang sama.
Penganut Adven cenderung menghabiskan waktu dengan sesama penganut Adven. Mereka merasakan hidup yang lebih baik dengan berbagi nilai dan mendukung kebiasaan satu sama lain.

Mengemil kacang.
Penganut Adven yang mengkonsumsi kacang minimal lima kali seminggu memiliki resiko setengah kali menderita penyakit jantung dan hidup  dua tahun lebih lama daripada mereka yang tidak. Minimal ada empat penelitian besar yang membenarkan bahwa makan kacang berdampak baik pada kesehatan dan harapan hidup.

Lakukan sesuatu untuk orang lain.
Seperti banyak keyakinan lain, Gereja Adven Hari Ketujuh mendorong dan memberi kesempatan anggotanya untuk menjadi sukarelawan. Orang-orang Adven yang berumur seabad atau lebih tetap aktif, menemukan tujuan hidup, dan terhindar dari depresi dengan membantu orang lain.

Makan daging sesekali.
Banyak penganut Adven yang hidup sebagai vegetarian. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah, sayuran, dan gandum utuh dapat melindungi kita dari berbagai macam kanker. Bagi mereka yang lebih suka makan daging, para penganut Adven menganjurkan untuk memakannya dalam porsi kecil dan menyajikannya sebagai makanan tambahan bukan sebagai hidangan utama.

Makan malam lebih awal dengan porsi ringan.
Sarapanlah seperti raja, makan sianglah seperti pangeran, dan makan malamlah seperti pengemis,” merupakan rekomendasi ahli gizi Amerika, Adelle Davis – sebuah gaya hidup yang juga tecermin dalam keseharian penganut Adven. Makan malam dalam porsi sedikit pada sore hari akan menghindari bertumpuknya kalori dalam tubuh di jam-jam kurang aktif dalam sehari. Kebiasaan ini membuat tidur lebih nyenyak dan menurunkan indeks massa tubuh.

Masukkan lebih banyak sayuran dalam diet anda.
Penganut Adven non-perokok yang makan dua atau lebih porsi buah per hari beresiko terkena kanker paru-paru 70% lebih sedikit daripada non-perokok yang makan buah hanya sekali atau dua kali dalam seminggu. Penganut Adven yang makan legum, seperti kacang polong dan kacang-kacangan tiga kali seminggu mempunyai resiko terkena kanker usus besar 30 sampai 40% lebih kecil. Wanita penganut Adven yang mengkonsumsi tomat minimal tiga atau empat kali seminggu berarti mengurangi 70% peluang mereka terkena kanker kandungan dibandingkan mereka yang jarang makan tomat. Makan banyak tomat juga mengurangi resiko kanker prostat pada pria.

Minum banyak air.
Penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum lima atau enam gelas air tiap hari mengalami penurunan yang signifikan terhadap resiko serangan jantung yang mematikan – 60 sampai 70% – dibandingkan mereka yang minum air lebih sedikit.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: +1 (from 1 vote)

 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.