Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Rahasia Umur Panjang The Blue Zones – Orang-orang Okinawa

Submitted by on 12 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Sifat yang sama dari orang-orang yang berusia seabad atau lebih Okinawa adalah humor mereka yang kocak, kecenderungan untuk puas dengan diri sendiri secara menyenangkan.

Image Credit: Jefferson Alessandro | Pixabay.com

Sudah sejak lama Jepang dikenal sebagai negara dengan penduduk berumur panjang. Dan Okinawa adalah rumah terbaik bagi mereka yang berumur paling panjang di dunia. Di Okinawa orang menikmati harapan hidup yang mungkin paling tinggi di dunia. Pada tahun 2000 umur harapan hidupnya adalah 78 tahun bagi pria dan 86 tahun bagi wanita. Okinawa pula adalah tempat dengan rasio manusia berumur seabad atau lebih yang tertinggi; yaitu sekitar lima manusia seabad per 10.000 penduduk.

Perfektur Okinawa meliputi kepulauan Ryukyu di bagian utara Samudra Pasifik dan Laut Cina Timur. Terletak di ujung paling selatan negara Jepang, sekitar 2.000 km dari Tokyo. Lebih dekat ke arah Taiwan yang berjarak sekitar 770 km. Jumlah populasi pada tahun 2013 sekitar 1,4 juta orang. Merupakan wilayah Jepang yang memiliki iklim paling hangat cenderung tropis. Dengan pantai-pantai berpasir putih yang ditumbuhi pohon palem. Beberapa orang menyebut Okinawa sebagai Hawaii-nya Jepang.

Dan Buettner, penulis The Blue Zones – buku tentang wilayah di dunia dengan banyak penduduk yang berumur panjang, seabad atau lebih – memasukkan Okinawa sebagai Blue Zone yang menawarkan cara terbaik di dunia untuk mendapatkan hidup sehat dan umur panjang. Berikut hal-hal yang umum dilakukan oleh para centenarian di Blue Zone Okinawa.

Merangkul Ikigai. Memiliki tujuan hidup.
Para manula di Okinawa dapat dengan segera menyebutkan alasan mereka bangun pagi. Kehidupan yang memiliki tujuan membuat mereka punya peran yang jelas akan suatu tanggung jawab dan perasaan diperlukan dengan baik walaupun mereka sudah mencapai umur 100.

Bersandar pada diet berbasis tanaman.
Dalam sebagian besar hidupnya, para manula Okinawa menerapkan diet berbasis tanaman. Makanan mereka terdiri atas tumis sayuran, ubi dan tofu, bergizi tinggi dan rendah kalori. Pare, dengan kandungan antioksidan serta senyawa penurun gula darah, adalah unsur yang sangat menarik. Sesekali centenarian Okinawa menyantap daging babi, yang secara tradisional hanya dilakukan saat ada upacara yang jarang berlangsung dan hanya dimakan dalam jumlah sedikit.

Berkebun.
Hampir semua penduduk Okinawa memelihara atau pernah memelihara kebun. Kebun menjadi media kegiatan fisik sehari-hari yang membuat badan mereka tetap aktif dengan melakukan berbagai macam gerakan dan membantu mengurangi stres. Kebun juga sumber sayuran segar mereka setiap hari.

Makan lebih banyak kedelai.
Makanan orang Okinawa adalah makanan yang bernutrisi dari kedelai, seperti tofu dan sup miso. Kandungan flavonoid dalam tofu membantu melindungi jantung dan mengurangi resiko terkena kanker payudara. Makanan dari kedelai yang difermentasi mendorong ekologi usus yang sehat dan bahkan memberikan manfaat gizi yang lebih baik.

Mempertahankan Moai – jaring pengaman sosial.
Moai adalah semacam pertemuan atau perkumpulan yang dapat membentuk jaring pengaman sosial. Jaring pengaman ini memberikan bantuan finansial dan emosional manakala diperlukan yang membuat semua anggota-anggotanya terhindar dari stres karena mengetahui bahwa selalu ada orang yang membantu mereka.

Menikmati sinar matahari.
Vitamin D, yang dihasilkan oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari secara teratur, membuat tulang lebih kuat dan tubuh lebih sehat. Meluangkan waktu di luar ruangan setiap hari membuat para manula Okinawa mendapatkan asupan vitamin D yang optimal sepanjang tahun.

Tetap aktif.
Orang-orang tua di Okinawa tetap aktif berjalan dan berkebun. Rumah orang Okinawa hanya mempunyai sedikit mebel. Penghuninya makan dan bersantai dengan duduk di atas tikar tatami di atas lantai. Kenyataan bahwa orang-orang tua duduk dan berdiri dari lantai beberapa puluh kali dalam sehari membuat bagian bawah tubuh mereka kuat dan seimbang sehingga terlindungi dari resiko jatuh yang membahayakan.

Membuat apotek hidup.
Mugwort, jahe dan kunyit adalah tanaman rempah dalam kebun orang Okinawa dan semuanya terbukti mempunyai khasiat obat. Dengan mengkonsumsi semua itu setiap hari, orang Okinawa melindungi diri mereka sendiri dari penyakit.

Mempunyai sikap.
Kesulitan yang didera pada masa lalu telah memberkahi penduduk Okinawa dengan sifat menerima apa adanya dan ramah. Mereka mampu meninggalkan kenangan pahit di masa lalu dan menikmati hidup sederhana saat ini. Mereka telah belajar menjadi orang yang disukai dan membuat orang yang lebih muda tetap menjadi temannya hingga mereka mencapai usia tua.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.