Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Rahasia Umur Panjang The Blue Zones – Orang-Orang Nicoya

Submitted by on 14 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Kesamaan gaya hidup dari para penghuni Blue Zones – mereka yang berusia panjang –  adalah hidup sehat, selalu beraktivitas, dan menjalani hidup yang penuh makna serta bermanfaat bagi sekitar.

Image Credit: Jefferson Alessandro | Pixabay.com

Tahun 2005 ketika Dan Buettner menerbitkan tulisan tentang rahasia orang-orang berumur panjang di majalah National Geographic, Nicoya di Costa Rica belum masuk dalam kelompok The Blue Zones – wilayah di dunia dengan banyak penduduk berusia panjang hingga seabad bahkan lebih. Blue Zones menurut catatan Dan Buettner adalah Sardinia di Italia, Okinawa di Jepang dan Loma Linda di Amerika Serikat. Namun di tahun yang sama Rosero-Bixby, direktur lembaga Central American Population Center di San Jose, memaparkan hasil penelitian populasinya. Ia menemukan bahwa di Costa Rica terdapat sekelompok orang yang berusia panjang. Temuan ini tidak terlalu dipercaya, mengingat masih tingginya penyakit infeksi dan ketidak-stabilan politik yang dikenal  memperpendek harapan hidup warga Amerika Tengah.

Namun keraguan ini segera tertepis. Costa Rica memiliki sistem administrasi kependudukan yang cukup baik. Dengan meneliti data nomor identifikasi nasional, Dan Buettner dan team segera meyakini Nicoya Peninsula semestinya masuk dalam wilayah dengan populasi yang berumur paling panjang di dunia. Pada minggu pertama kunjungan ke lapangan saja Dan Buettner telah menemukan sedikitnya tiga orang berusia seabad. Penelitian-penelitian berikutnya semakin memperkuat bahwa Nicoya adalah zona biru ke empat di dunia.

Nicoya yang terletak di semenanjung tepi Pasifik memiliki beberapa kesamaan geografis dengan Sardinia dan Okinawa: relatif terpencil, sinar matahari melimpah, iklim yang hangat. Kehidupan sosialnya pun tidak banyak berbeda: penduduknya bekerja keras, memiliki tujuan hidup, memelihara ikatan keluarga yang kuat serta dukungan sosial dari lingkungan. Dan yang terpenting, mereka memiliki tingkat kesehatan yang tinggi. Berikut cara hidup orang-orang Nicoya yang berumur panjang, menurut Dan Buettner dalam bukunya The Blue Zones.

Mempunyai plan de vida.
Orang-orang yang berumur seabad atau lebih yang bahagia selalu mempunyai tujuan hidup yang kuat. Mereka merasa diperlukan dan ingin memberikan sumbangan bagi kebaikan yang lebih luas.

Minum air dengan kadar mineral tinggi.
Air Nicoya mengandung kadar kalsium tertinggi di Costa Rica dan ini mungkin menjelaskan rendahnya tingkat penyakit jantung di Nicoya, tulang penduduknya lebih kuat, dan sedikitnya gangguan patah tulang pinggul.

Fokuslah pada keluarga.
Orang-orang berumur seabad atau lebih di Nicoya cenderung hidup bersama keluarganya. Anak-anak atau cucu-cucunya yang tinggal bersama mereka memberikan dukungan, tujuan hidup, sekaligus rasa saling memiliki.

Makan malam tidak berlebihan.
Makan lebih sedikit kalori tampaknya menjadi salah  satu  cara pasti untuk memperpanjang usia anda. Orang-orang Nicoya menyantap makan malam yang ringan pada sore hari.

Pelihara pertemanan anda.
Para manusia seabad Nicoya sering mendapat kunjungan dari tetangganya. Mereka tahu bagaimana mendengarkan, tertawa, dan menghargai apa yang mereka miliki.

Tetap bekerja keras.
Para manusia yang berumur panjang ini sangat menikmati kegiatan fisik sepanjang hidupnya. Mereka mendapatkan kegembiraan dengan beraktivitas setiap hari.

Dapatkan sinar matahari dalam porsi cukup.
Orang Nicoya mendapatkan asupan sinar matahari secara teeratur. Sinar matahari ini membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan fungsi tubuh yang sehat. Kekurangan vitamin D berkaitan dengan masalah kesehatan seperti osteoporosis dan penyakit jantung. Berjemur di bawah sinar matahari secara teratur dan aman (kira-kira 15 menit di kaki dan lengan) dapat melengkapi pola makan dan memastikan anda mendapat gizi penting dalam jumlah cukup.

Menjaga asal-usul bersama.
Orang Nicoya modern berasal dari suku Chorotega dan tradisi dari nenek moyang telah membantu mereka relatif terbebas dari stres. Pola makan tradisional meeka yang terdiri dari maize yang kandungan gizinya lebih tinggi dari jagung biasa dan kacang-kacangan, mungkin merupakan kombinasi terbaik untuk mendapatkan khasiat umur panjang yang pernah ada di dunia.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.