Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

Rahasia Umur Panjang The Blue Zones – Orang-Orang Sardinia

Submitted by on 11 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Salah satu rahasia umur panjang orang-orang Sardinia adalah ikatan keluarga yang erat dan dukungan sosial yang tinggi dimana kaum tua dihormati, dirawat dan senantiasa didengar.

Image Credit: Jefferson Alessandro | Pixabay.com

Sardinia, pulau ini terletak sekitar 192 km di barat daratan Italia, di laut Mediterania. Masuk dalam kekuasaan negara Italia. Dinaungi iklim mediteran yang terpapar sinar matahari hangat. Memiliki kontur alam yang berbukit-bukit, lembah, ngarai dan bebatuan yang tidak sesuai untuk pertanian skala besar. Selama berabad-abad, menggembala jadi profesi paling baik dilakukan. Sebuah kegiatan yang tidak terlalu berat tapi memerlukan daya tahan berjalan kaki berkilo-kilo meter.

Jumlah penduduk Sardinia sekitar 1,6 juta orang. Yang membuat Sardinia istimewa adalah mereka memiliki banyak penduduk berusia panjang. Pada Oktober 1999, Gianni Pes, seorang doktor dan ahli statistik medis mempresentasikan makalah menarik. Di sebuah desa di wilayah Sardinia yang berpenduduk 2500 orang ditemukan tujuh orang berumur lebih dari seabad – sebuah angka yang mengejutkan mengingat rasio orang berusia lebih dari 100 tahun di Amerika secara kasar hanya satu per 5000 orang. Selama lima tahun Gianni Pes telah melacak sejarah 1000 orang berumur seabad atau lebih di Sardinia, dan secara pribadi telah memeriksa 200 orang dari mereka.

Apa rahasia umur panjang orang-orang Sardinia? Dan Buettner mengunjungi Sardinia, meliput kehidupan mereka, mewawancarai beberapa orang dan menulis buku The Blue Zones – buku tentang masyarakat dengan penduduk berusia hingga seabad lebih. Berikut beberapa kegiatan orang-orang Sardinia yang membuat mereka hidup lebih panjang dari kebanyakan orang di belahan dunia lain.

Terapkan pola makan sederhana, dengan menu berbasis tumbuhan diselingi daging.
Pola makan klasik orang Sardinia terdiri atas roti gandum utuh, kacang-kacangan, sayuran kebun, buah-buahan, dan di beberapa bagian pulau, minyak mastic. Orang Sardinia juga memiliki tradisi makan keju pecorino yang terbuat dari domba yang diberi makan rumput. Keju ini mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Daging biasanya hanya disantap pada hari Minggu atau acara khusus.

Utamakan keluarga.
Nilai kekeluargaan yang kuat di Sardinia memastikan bahwa setiap anggota keluarga terawat dengan baik. Orang yang tinggal di keluarga yang memiliki ikatan kuat dan sehat tidak banyak mengalami stres, depresi atau bunuh diri.

Minum susu kambing.
Segelas susu kambing mengandung komponen yang mungkin membantu melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh inflamasi selama proses penuaan, seperti penyakit jantung dan Alzheimer.

Hormati orang tua.
Kakek-nenek dapat memberikan cinta, pengasuhan anak, bantuan keuangan, nasihat-nasihat bijak, dan harapan atau motivasi untuk menjaga tradisi dan mendorong anak-anak mencapai sukses dalam hidupnya. Semua ini dapat meningkatkan kesehatan anak, membuat mereka mampu menyesuaikan diri dengan lebih baik dan hidup lebih lama. Hal ini juga membuat angka harapan hidup seluruh populasi melonjak.

Berjalan kakilah.
Berjalan 8 km sehari atau lebih seperti yang dilakukan para penggembala Sardinia memberikan semua manfaat yang anda inginkan bagi jantung, selain itu juga memberikan dampak positif bagi otot dan metabolisme tulang tanpa resiko mengalami benturan sendi seperti pada lari maraton atau triatlon.

Minum segelas atau dua gelas anggur merah setiap hari.
Orang Sardinia minum anggur dalam porsi sedang. Anggur Cannonau mengandung dua hingga tiga kali kandungan flavonoid yang mampu menggosok pembuluh darah dibanding anggur lain. Konsumsi anggur yang tidak berlebihan menjelaskan rendahnya tingkat stres di kalangan pria.

Tertawalah bersama teman.
Pria Sardinia terkenal akan rasa humor mereka yang sinikal. Mereka berkumpul di jalanan setiap sore untuk tertawa bersama dan saling menertawakan. Tertawa mengurangi stres dan dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.