Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Musik

DJ Sammy – The Rise

Submitted by on 14 March 2010 – 12:00 amNo Comment

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Artis: DJ Sammy
Album: The Rise
Jumlah Lagu: 14
Tahun: 2005

Dj Sammy diakui sebagai salah satu dj dan produser terbaik dari Spanyol. Ia memulai karier djnya di usia yang amat belia. Musik pun jadi pilihan hidupnya. Melanjutkan studi sebagai sound technician di music college Palma. Bermain dari satu club ke club lain. Memutar berbagai aliran musik. Melempar beberapa nomor, di antaranya sempat jadi hits. Merilis artis album dan tentu dj mix album. Hingga mendirikan record company sendiri, Super M.

Tetapi, di Indonesia, Dj Sammy baru terdengar nyaring ketika album Heaven beredar, yang berisi nomor menarik, Heaven, Boys of Summer, California Dream. Formulanya adalah meremake beberapa nomor yang sudah terkenal dengan ramuan eurodance yang ngepop, ringan, manis, cenderung untuk konsumsi teenager party. Sebagian besar nomor dalam album Heaven adalah remake. Namun, inilah hebatnya. Dj Sammy punya sentuhan emas yang bisa mengubah sebuah lagu jadi penuh keriangan. Siapa pun yang mendengarnya jadi gembira, tersenyum lebar, dan penuh suka cita. Bukan hanya itu, ia mahir memainkan piano dan mengubah lagu jadi manis romantis. Misal, candle light mix-nya Heaven.

Namun formula itu pula yang jadi bahan cacian banyak penyuka trance. Ini trance cengeng, begitu kata para the Hater. Malah, ada yang membuang Heaven ke bak sampah begitu mendengar beberapa lagu pertama.

Mestinya ini disadari oleh sang dj. Meski beberapa orang berubah pikiran ketika melihatnya live, namun lebih banyak yang mengenalnya lewat album. Dan, ketika album barunya muncul ada sedikit keraguan. Tetapi judul album “The Rise”, wow… memberi sedikit harapan mungkin ini jadi sebuah kebangkitan?

The Rise. Sebuah nomor cinematic yang cukup manis. Jika lebih gegap gempita bolehlah jadi soundtrack film Lion King. Rasanya tidak beralasan memasukkan nomor ala movie score dalam dance album semacam ini.

Rise Again. Nomor yang jadi theme song movie “It’s All Gone Pete Tong”. Digarap ala Boys of Summer yang penuh suka cita khas Sammy, dengan Loona pada vocal. Sayang ending lagu kurang greget.

Long Way To Go. Male vocal song yang tidak terlalu riang gembira ini ditulis Michael O. Bruce, namun Sammy berusaha membuatnya jadi lebih benderang dengan menggarapnya ala California Dream dengan sound europoptrance. Not too impressive.

Follow My Star. Masih dengan formula Sammy’s europopdance, dengan vocal Loona yang menyenangkan. Sampai tiga nomor ini, musik cukup ok, tetapi Sammy perlu memilih lagu dengan karakter dance yang lebih menggigit.

Why. Sammy memang jago meremake lagu sehingga enak dibuat ngedance. Nomor Annie Lennox yang lembut ini jadi begitu menyenangkan. Hanya saja, beberapa bait lagu terasa dipaksakan agar bisa mengikuti beat yang melaju cepat.

Highest Mountain. Dibuka dengan sedikit breakbeat , kemudian masuk ke Sammy’s formula. Sebuah lagu male vocal yang ngepop dan tidak terlalu menarik.

Place On Fire. Ok, sekarang Sammy mulai mengubah formulanya ke eurotrance classic, dengan sentuhan male vocal.

L’bby Haba. Another Sammy’s trance yang klasik dan ringan. Kali ini dengan female vocal. Agaknya Sammy harus bekerja lebih keras untuk menarik kesan pendengarnya.

Summer’s Here. Sammy bekerja lebih keras meninggalkan style happy partynya agar lebih bisa diterima oleh The Hater. Not so bad.

Key To My Castle. Dibuka dengan beat sedang, sedikit break, petikan gitar ringan. Sebuah nomor sweet pop trance yang mudah dicerna. Happy enough.

Living  In A Daydream. Nomor dengan aroma disco mid 80-an, dengan dance sound vocal ala Cher. Cukup menyegarkan juga mendengarkan sound, beat, bass dan key lagu ini. Pilihan yang menarik untuk album ini.

Cheba. Yup, Sammy ingin menunjukkan bahwa dia juga bisa menulis nomor yang lebih adult dengan memasukkan nada-nada arabesque. Interesting.

Time Will Show. Another trance music to shut up the hater. Nice trax. Like this one.

Little Girl’s Lullaby. Sammy pada accoustic piano. Sebuah nomor yang lembut dan manis. Sammy memang jago menulis lagu romantic dance seperti ini.

Berusaha menjawab kritik itu bagus. Apalagi untuk menjangkau pasar yang lebih luas, sekaligus tetap menjaga penggemar yang sudah ada. Di album ini, Sammy menunjukkan bahwa dia bukan sekedar dj yang selama ini dianggap sebagai jagoan cover version. Dia adalah musisi yang mampu menulis lagu sendiri dan melakukan penjelajahan berbagai warna, mulai dari movie score yang gegap gempita, pop dance, trance, disco sampai romantic dinner vibe. Ini progres yang bagus dibanding album sebelumnya.

Tapi mengapa penyuka movie score harus mendengarkan se album penuh? Mengapa pula trance wilder repot-repot membeli album ini jika hanya menemukan satu dua lagu kegemarannya. Penikmat teenager party dance mungkin terganggu dengan beberapa nomor yang dark. Meremake nomor orang lain tidak keliru, toh semua dj melakukannya karena memang di situ kekuatannya, meski menulis lagu sendiri lebih dihargai sebagai kemajuan. Untuk mengatasi kesulitan ini, salah satu strateginya adalah berkolaborasi secara lebih global.

Buat saya album ini jauh dari memuaskan, meski menawarkan berbagai menu dan ada beberapa nomor yang menarik. Boleh dibilang album ini agak canggung bersikap. Memang tak ada strategi yang sempurna, apalagi di industri musik yang semakin ketat. Karena itu, strategi yang lebih baik adalah menjadi diri sendiri. Mengembangkan Sammy’s formula, mematangkannya hingga jadi genre mark sendiri.

 

DJ Sammy - The Rise, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.