Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Musik

D’Cinnamons – Good Morning

Submitted by on 6 June 2010 – 12:00 amOne Comment

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 4.0/5 (3 votes cast)
Artis: D’Cinnamons
Album: Good Morning
Jumlah Lagu: 10
Tahun: 2007

Ini adalah album rilisan tahun 2007 yang pertama kali saya beli, D’Cinnamons. Sampul CD mereka cukup eye catching, dua cewek dan seorang cowok. Mereka semua manis-manis. Di bagian dalam album, ke tiga personel terfoto memegang gitar akustik sambil memberikan wajah yang hangat. Hm.. pastilah musik mereka juga hangat.

Memang tak salah. Trio ini, Dodo (hayo tebak, ini nama cewek atau cowok?), Bona (hayo tebak, ini nama cewek atau cowok?), dan Laut (hayo tebak, ini nama cewek atau cowok?) memainkan musik dalam format yang cukup unik di wacana musik pop tanah air: pop dengan trio gitar akustik. Jika anda suka dengan musik-musik Ten 2 Five atau Laluna, anda boleh mencoba D’Cinnamons ini. Memang musik mereka tidaklah bisa disamakan begitu saja. Namun grup-grup ini menawarkan kehangatan yang tak jauh beda.

Ku Yakin Cinta. Lagu cinta riang yang cukup nyaman, dengan beat ringan dan kegembiraan perkusi. Vokal Dodo boleh juga.

Mayday, I’m In Love. Lagu cinta lagi. Kali ini vokal Dodo lebih garang. Mau jadi Sheryll Crow? 

Loving You. Mengingatkan saya pada Ten 2 Five, namun lebih ngepop.

Super Girl. Hmm.. sampai lagu ke empat ini, saya merasakan tidak banyak variasi dalam penulisan lagu, meski aransemen musiknya telah diupayakan untuk berbeda. 

Tak Takut! Di buka dengan drums. D’Cinnamons coba untuk sedikit funky. Nomor yang ditulis oleh Bona memberi warna yang cukup beda dibanding ke empat nomor sebelumnya yang semuanya ditulis oleh Dodo.

I.M.U.L. Nomor manis dengan musik yang juga manis, sedikit sentuhan jazzy. I like this.

Good Morning. Nomor lembut, ya lembut sekali. Saya suka cara Dodo menyanyi di nomor ini.

Semua Yang Ada. Nomor ini mirip sekali dengan nomor Ku Yakin Cinta.

I Love You. Aduh, Dodo kenapa caranya menyanyimu emosional begitu? Santai dikit ya.

So Would You Let Me Be… Nomor lembut dengan sedikit sentuhan organ. Ya, sepuluh lagu sudah cukup.

Paling asyik mendengarkan album ini lewat headphone besar yang bisa menutupi seluruh bagian telinga, empuk tak sakit di kepala, dan tentu saja berkualitas. Di situ kita bisa mendengar suara akustik dari string dan nylon gitarnya terdengar jernih. Kemudian laid back di sofa. Ah, asyik. Hampir semua album di lagu ini cukup hangat, tenang dan akrab. Thanks buat D’Cinnamons.

Sekarang masuk ke bagian yang mungkin tak enak dibaca: kritik. Ok, bicara lagu. Tidak ada masalah dengan lagu. D’Cinnamons memilih jalur pop yang memang cocok dimainkan secara akustik. Namun dengan penulisan lagu dan musik seperti dalam album ini, saya menanyakan apa fungsi para gitaris? Sebagian besar waktu mereka habis untuk mengiringi Dodo, sang vokalis. Bukan untuk musik itu sendiri. Maksud saya, D’Cinnamons sudah memutuskan untuk membentuk format trio gitaris, maka semestinya ke tiga gitaris itu benar-benar membentuk musik unik trio gitaris, bukan sekedar sebagai team pengiring lagu yang dilantunkan Dodo. Yang saya harapkan dari trio gitaris adalah adanya dialog akustik antara gitar, sehingga akhirnya musik D’Cinnamons hanya benar-benar hidup jika dimainkan oleh trio gitar. Musik dalam album ini masih belum merupakan musik untuk trio gitar, tapi lagu pop yang diiringi gitar akustik secara pop pula. Ok, ok, tentu tidak seburuk itu. Mungkin harapan saya berlebihan. Tapi melihat kelihaian trio ini memainkan instrumennya, maka saya yakin ada banyak sisi yang bisa digali. Barangkali yang dibutuhkan D’Cinnamons untuk saat ini adalah arranger yang mampu menyusun musik bagi trio gitar.

Atau trik lain dalam pemilihan lagu yang tidak melulu pop. Dodo paling banyak menulis lagu di album ini. Namun satu nomor yang ditulis Bona dan satu lain yang ditulis Laut justru memberikan variasi yang menghindarkan album ini dari monotonitas. Silakan beri kesempatan bagi Bona dan Laut. Atau, coba eksplore ke nomor lain. Misal: ballad atau folk, yang biasanya terasa jauh lebih mantab dimainkan bersama akustik gitar. Atau, sekalian menulis musik yang menuntut ketrampilan tinggi Bona, Dodo dan Laut dalam memetik gitar, seperti sedikit sentuhan Brasillian Jazz.

Tapi, mungkin saya keliru. Agaknya, memang jalur pop seperti inilah yang diambil oleh  D’Cinnamons. Ok, I have no comments then. Anyway, ini album yang cukup hangat dari trio yang cakep-cakep.

D'Cinnamons - Good Morning, 4.0 out of 5 based on 3 ratings

One Comment »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.