Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Musik

Chicane – Live From Palladium, Germany

Submitted by on 4 April 2010 – 12:00 amNo Comment

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Artis: Chicane
Album: Live From Palladium
Jumlah Lagu: 7
Tahun: 2000

Saya kira, Nick Bracegirdle aka Chicane tidak sedang omong besar ketika dia berucap, “I am fed up with bad dance records and pop records with no substance just being churned out one after the other“. Dia buktikan ucapannya dengan album Easy To Assemble (2003) yang ruarr biasa yahud. Padahal dua album sebelumnya, Far from the Maddening Crowds (1997) dan Behind the Sun (2000) dapat point dua jempol ke atas.

Musik elektronik Chicane bukan sekedar ajeb-ajeb tanpa gizi. Dia menjelajah mulai dari ambient, atmospheric, down tempo mood sampai ke house bahkan tak sungkan-sungkan bermain dengan pop. Lagu-lagunya juga bukan sekedar jedag-jedug memekakkan telinga tapi sebuah musik yang kaya harmoni, chord indah, nada juga efek-efek melodic. Ini menunjukkan bahwa Chicane tahu bagaimana meneruskan tradisi musik-musik klasik Eropa yang cantik dan megah ke era elektronik sekarang ini.

Sayangnya tidak mudah mendapatkan album-album Chicane di Indonesia. Tetapi tidak perlu penasaran, ada satu live set Chicane yang disediakan free di internet oleh situs TranceAddict.com, yaitu LIVE FROM PALLADIUM, yang dimainkan di Palladium, Köln, Jerman, tanggal 22 Januari 2000. Sepertinya inilah satu-satunya live set Chicane yang bisa ditemukan di internet. Meski begitu, satu live set ini bisa jadi jagoan yang tak terkalahkan oleh derasnya arus produk industri musik. Ada tujuh lagu hebat yang dimix secara hebat menjadikan liveset ini adalah liveset terhebat yang pernah saya dengar.

Intro / Nagasaki Badger. Yeaaahhh… let’s get the party started. Pembukaan yang ringan tetapi upliftingnya itu lho yang membuat saya tak tahan untuk fly. Hebatnya Chicane, dia tidak perlu menggunakan gebukan yang merontokkan jantung untuk menaikkan birahi. Cukup dengan permainan chord yang manis. Saya tidak menemukan nomor singkat ini baik di album Far From Maddening Crowds maupun Behind The Sun. Okelah, what the hell.

Halcyon. Aaah… merindiiiinnggg. Nomor dari album Behind The Sun ini adalah miss universe! Permainan perkusi yang hidup membuat saya yakin, Chicane memainkan live band di sini.

Saltwater (Tomski vs. Disco Citizens Rmx). Dari album Behind The Sun, dibuka dengan permainan chord synth lantas female vocal… naik… naik… naik… chorus Saltwater yang terkenal… terus naik… naik… naik… turun sedikit… putar-putar sejenak… lantas hajar dengan dengan atmospheric yang megah membawa kita ke awan. Gila! Saya ingin tahu, apa yang ditegak Chicane saat menulis lagu ini. Inilah lagu pertama yang dimainkan oleh Armin Van Buuren di 5th anniversary of A State Of Trance edisi 250 di segmen classic trance… top request! Mix yang dahsyat dari Tomski vs Disco Citizens.

Don’t Give Up (Tomski vs. Disco Citizens Instrumental). Masuk ke menit 22. Sebuah nomor dari Behind The Sun. Nomor yang menghadang Madonna di perjalanannya naik ke #1 chart Inggris tahun 1999. Sebuah nomor house yang cukup cepat, dengan permainan chord khas Chicane, cukup ringan untuk mengendorkan birahi.

Offshore (Original/Disco Citizens Remix). Dari album pertama Far From Maddening Crowds. Sebuah nomor downtempo, ambientic, atmospheric yang apik. Aduh, petikan-petikan gitarnya manis banget. Saya langsung jatuh cinta pada nomor ini saat mendengar Far From Maddening Crowds untuk pertama kalinya.

Maharvey. Ini nomor surprise. Nomor ini tidak ada di album-album Chicane. Saya hanya menemukannya di liveset ini. Dibuka dengan aroma breakbeat. Lantas dihajar dengan hentakan keras, uplifting, energi, high high high menembus lapisan ozone. Chicane bener-bener gila!

Saltwater (Original Cut). Sisa 6 menit. Chicane menutup performancenya dengan nomor terbaik, apalagi kalau bukan Saltwater. Kali ini dalam original cut. Lagi-lagi merindiiinnggg… meerriiiinnndddiiingg… nggak kuat sama chorus Saltwater yang kesohor. Dahsyat ! Thanks Nick!

Hebat! Saya jelas tidak obyektif dalam menilai liveset Chicane ini. Tetapi, urusan ini memang tak ada sangkut pautnya dengan obyektivitas. Urusannya adalah apakah kita mau mendengarkannya lantas terhanyut, high lantas fly?

Hhhhuuh..! Ok, back to normal breath. Beberapa pecinta musik trance mendiskusikan apakah saat pertunjukan tadi Chicane memainkan live band music atau memutar vinyl di atas turntable saja? Chicane disebut-sebut tidak sekedar memainkan turntable, tetapi mengusung serombongan musisi juga vokalis dalam setiap pertunjukannya. Chicane sendiri mampu memainkan gitar, piano, synth dan drum. Dan itu dilakukannya juga saat live performance. Jika benar bahwa Chicane memainkan full band, maka bakat orang ini sungguh luar biasa. Jika pun tidak, toh lagu-lagu yang dibawakannya tetap menunjukkan kemampuannya menulis lagu sangat baik. Kalau kita nikmati liveset ini, saya yakin ada musisi-musisi lain yang bermain secara langsung yang membuat musik dan moodnya begitu mengalir dan hidup. Liveset seperti ini tidak bisa begitu saja dimainkan dengan spinning vinyl.

Yup, liveset ini mungkin tidak begitu tepat jika disebut dj livemix. Ke tujuh lagu di atas tidak dimix sebagaimana tradisi seorang dj party. Kita bisa menikmati setiap lagu mulai awal sampai akhir tanpa mixing yang berarti di antaranya. Oleh karena itu, liveset ini lebih merupakan pertunjukkan lagu-lagu terbaik Chicane. Ke tujuh lagu ini hampir semuanya diambil dari album pertama dan kedua yang diremix dalam mood dance, bahkan trance yang menggirin crowd untuk bergoyang habis-habisan.

Akhirul kata: great song, great liveset, great musician. Dan, yang tak kalah penting: greaaattiisss! Silakan download di sini.

Chicane - Live From Palladium, Germany, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.