Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Ayo Mulai..!

Ayo Mulai Usaha Bakso

Submitted by on 8 December 2015 – 12:00 amNo Comment

Selain digemari banyak orang, mudah dikelola dan inovasinya yang sangat luas, membuka gerai bakso banyak dipilih pengusaha pemula sebagai rintisan berwirausaha.

Image Credit: Christian Losari | Flickr.com

MENGAPA TIDAK..?

Bakso adalah bisnis yang tak ada matinya. Makanan berbentuk bola-bola ini disukai oleh anak-anak sampai orang tua. Bakso bisa dinikmati kapan saja, sebagai jajanan atau lauk teman makan. Ia dijajakan di gerobak, tenda kaki-lima, foodcourt, mall, restoran bahkan hotel bintang lima.

Usaha bakso tumbuh dan berkembang dimana-mana. Para pengusaha bakso berlomba-lomba menawarkan aneka ragam menu bakso. Kini bakso bukan hanya terbuat dari daging sapi, ayam, ikan atau udang. Ada inovasi-inovasi baru, seperti bakso isi keju, bakso bakar, bakso jamur, bakso susu, dan lain-lain. Bakso pun tidak lagi melulu berbentuk bola. Ada bakso berbentuk kotak, gepeng, bahkan simbol cinta.

Penyajian bakso tidak lagi dalam mangkok biasa. Bakso Gun di Malang menyuguhkan bakso ala steamboat. Ada juga bakso dihidangkan ala shabu-shabu dan ala buffet. Agar bakso tetap bisa dinikmati pengunjung mall sambil jalan-jalan, ada pengusaha bakso di Surabaya menyajikan bakso tanpa kuah. Caranya, bakso dipotong kecil-kecil dalam wadah plastik, disiram saos lalu dimakan menggunakan tusuk sate. Selalu saja ada hal baru dalam dunia perbaksoan.

Pasar yang luas, selera yang beragam dan kesempatan untuk mengembangkan usaha adalah alasan menekuni bisnis ini. Pengelolaannya yang relatif mudah dan investasi yang terjangkau membuat usaha bakso banyak dilirik oleh entrepreneur pemula sebagai bidang usaha rintisan. Jadi, mengapa anda tidak memulainya?

AYO MULAI..!

Apa ide usaha anda? Apakah anda akan berusaha bakso gerobak dorong, mendirikan warung di lokasi strategis, membuka gerai di mall, atau menjadi juragan bakso gerobakan? Mulailah dari yang sederhana sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Jangan memaksakan usaha anda kelihatan keren. Yang penting, mulailah dengan persiapan yang baik.

Apakah anda punya resep andalan? Rasa adalah identitas usaha bakso anda. Tentukan apa keunggulan bakso anda dibanding bakso-bakso lain. Banyak pengusaha berinovasi macam-macam bakso. Namun kembali ke selera asal adalah ide yang menarik juga.

Uji cobakan resep andalan pada keluarga atau kenalan. Anda tidak berbisnis bakso untuk disantap sendiri bukan? Lakukan riset dan mintalah masukan yang sejujur-jujurnya dari keluarga dan teman-teman. Jangan ragu untuk mengulik resep anda demi memenuhi selera pasar.

Bakukan resep untuk menjamin kualitas. Jangan sampai rasa bakso anda berubah-ubah. Catat semua resep dan bahan baku serta cara mengolahnya secara detail. Pastikan pelaksanaannya sesuai catatan anda dan bukan hanya berdasarkan perkiraan. Ini untuk menjamin rasa dan kualitas bakso.

Tentukan lokasi. Ada yang beranggapan, bakso yang enak pasti dicari meski lokasinya tidak strategis. Anggapan ini kurang relevan. Di tengah persaingan usaha yang ketat, lokasi adalah salah satu faktor penentu keberhasilan usaha bakso anda. Konsumen memilih lokasi yang mudah dicapai.

Siapkan sarana usaha. Persiapkan secara detil dan teliti seluruh perlengkapan usaha. Jangan terburu membuka usaha sebelum betul-betul siap. Betapa kecewanya konsumen yang memenuhi hari pertama pembukaan gerai bakso karena tidak tersedia tissue atau plastik pembungkus.

Lakukan strategi promosi. Banyak restoran dipenuhi pengunjung di hari pertama pembukaan tapi menyusut di hari-hari berikutnya. Tak perlu terburu-buru berambisi menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Lakukan strategi bertahap dan terencana sesuai dengan kemampuan mengelola usaha.

PERHATIKAN

Kunci utama usaha kuliner adalah rasa. Menjaga mutu dan rasa adalah tugas utama anda sebagai pengusaha bakso. Pastikan semua bahan diolah dalam keadaan segar, baik dan sesuai baku mutu.

Jaga kebersihan dan berikan pelayanan yang baik. Anda mungkin pernah menemui warung bakso di tempat kumuh dengan pelayanan yang kurang ramah tetapi ramainya minta ampun. Ada yang bilang, “itu yang bikin baksonya enak”. Sebaiknya anda tidak meniru hal itu. Konsumen jaman sekarang sudah jauh lebih pintar. Jika ingin usaha bakso anda ramai dikunjungi pembeli, meski hanya sekedar gerobak dorong, tetap jaga kebersihan dan berikan pelayanan yang baik.

Jaga kualitas. Sebaiknya anda turun tangan sendiri untuk memastikan kualitas produk, pengelolaan dan layanan. Selain itu, anda bisa belajar banyak untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan layanan.

Faktor Biaya. Harga-harga bahan baku di pasar sangat fluktuatif. Ini bisa membuat pusing sektor keuangan anda. Lakukan langkah-langkah taktis, misal menjalin kerja sama dengan pemasok bahan baku, terutama daging dan bumbu-bumbu. Jika sangat terpaksa, anda bisa menaikkan harga jual bakso, namun jangan sekali-sekali menurunkan kualitas bakso anda.

Isu-isu sensitif sering menyertai usaha bakso, seperti pemakaian borax, zat kimia pemutih, bahkan formalin. Ada juga isu bakso daging tikus dan lain-lain. Masyarakat sudah makin sadar akan hal-hal semacam ini. Pastikan anda tidak terlibat dalam praktek-praktek tidak sehat. Yakinkan pembeli bahwa bakso anda benar-benar bebas dari bahan-bahan yang berbahaya atau yang melanggar adat masyarakat.

PENGEMBANGAN USAHA

Lengkapi gerai bakso dengan menu-menu menarik lain. Siapa tahu di antara menu sampingan itu kelak akan menjadi primadona usaha. Lakukan secara bertahap karena anda tetap harus mencurahkan perhatian pada keunggulan bakso anda.

Sediakan layanan pesan antar. Memang kebanyakan orang lebih suka menyantap bakso di tempat, namun tak ada salahnya menawarkan layanan ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Catering bakso. Anda bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan catering dan memasok bakso di acara-acara perkawinan atau lain-lain. Selain untuk menambah omset, juga sebagai sarana promosi karena acara-acara semacam itu di hadiri beragam orang. Jangan lupa siapkan kartu nama usaha bakso anda.

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.