Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

7 Kebiasaan Sehat Di Kamar Mandi

Submitted by on 29 July 2016 – 12:00 amNo Comment

Pernahkah anda membayangkan posisi tubuh anda saat menekan tombol flushing toilet saat setelah digunakan? Ya, wajah anda menghadap langsung ke toilet dimana air dan udara kotor memercik keluar.

Sejak kecil kita sudah diajari melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat di kamar mandi. Seperti, mencuci kaki dan tangan, menggosok gigi, berhanduk, menyiram toilet setelah digunakan dan lain-lain. Beberapa orang bahkan menggunakan kesempatan di kamar mandi untuk berolahraga. Seperti, squat sembari menggosok gigi. Push-up di ujung bak mandi, atau perenggangan saat melepas pakaian. Semua itu baik. Namun, beberapa tips berikut mungkin sering diabaikan padahal ia baik untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kita.

1. Menutup toilet saat flushing.

Pernahkah anda perhatikan apa yang terjadi saat memflushing atau menyiram toilet setelah digunakan? Ya, air mengucur deras dari wadah ke toilet. Namun sebenarnya bukan hanya itu, selalu saja ada cipratan air dari dalam toilet yang keluar membasahi lantai dan dinding kamar mandi. Cipratan itu membawa berbagai air kotor yang berisi bakteri dan kuman. Selain itu, pernahkah anda memperhatikan bagaimana posisi tubuh anda saat menekan tombol flushing? Biasanya wajah anda akan menghadap tepat ke toilet. Kini dapatkah anda bayangkan apa yang terjadi saat memflushing toilet dengan tutup terbuka? Cipratan air dan udara mengarah langsung ke tubuh anda. Menutup toilet saat flushing adalah kebiasaan yang sehat karena mencegah cipratan air dan udara kotor keluar dari toilet.

2. Membersihkan wadah dan tutup sikat gigi.

Menyimpan sikat gigi dalam wadah semacam gelas dengan sisi bagian sikat tertutup adalah kebiasaan yang baik. Namun jika tidak rajin dibersihkan maka wadah gelas akan berisi air-air sisa yang beraroma busuk dan tak mustahil menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Tutup sikat gigi yang ditujukan melindungi sikat gigi bisa menjadi sarang kuman, bakteri dan jamur bila tak sering dibersihkan.

3. Melepas cincin.

Mungkin agak sedikit merepotkan bila kita harus selalu melepas cincin dan berbagai perhiasan saat di kamar mandi. Namun perhiasan adalah tempat persembunyian yang baik bagi sisa-sisa kotoran, sabun, sampo, bahkan kuman dan bakteri saat anda di kamar mandi.

4. Tidak membiarkan ujung celana terkena lantai.

Saya punya teman yang mempunyai kebiasaan menyingsingkan ujung celananya setiap kali masuk kamar mandi. Katanya, ini untuk mencegah celana terkena basah lantai kamar mandi. Tentu saja ini bukan demi kebersihan celana saja melainkan juga kebersihan kita semua. Ujung celana yang terpapar air di lantai kamar mandi bisa membawa berbagai kotoran dan kuman keluar kamar mandi lalu menyebarkannya ke seluruh penjuru rumah.

5. Membuang pisau cukur yang berkarat.

Udara kamar mandi yang basah dan lembab ditambah percikan sisa-sisa sabun dan zat kimia pembersih lain bisa menggerogoti benda-benda yang terbuat dari logam yang tersimpan di kamar mandi, salah satunya adalah pisau cukur atau gunting rambut. Sebaiknya anda tidak menyimpan terlalu lama pisau cukur atau gunting rambut di kamar mandi. Bila sudah tampak berkarat, segera singkirkan daripada bisa melukai anggota keluarga.

6. Bersihkan sikat gigi saat dan setelah sakit.

Sikat gigi yang diletakkan ramai-ramai dalam satu wadah adalah sarana pertukaran kotoran dan kuman penyakit. Saat ada anggota keluarga yang sakit, selalu bersihkan sikat giginya di bawah air yang mengalir untuk mencegah penularan kuman penyakit.

7. Membersihkan kaki sebelum keluar dari kamar mandi.

Adalah kebiasaan orang Jepang untuk mengenakan sandal khusus di kamar mandi. Mereka menganggap lantai kamar mandi adalah area kotor dan mereka merasa harus mengenakan sandal selama di kamar mandi. Tentu saja ini kebiasaan yang baik. Selain itu, bersihkan kaki anda sebelum keluar dari kamar mandi. Salah satunya, dengan menggunakan keset yang diletakkan di depan pintu kamar mandi. Jangan lupa untuk sering mengganti keset bila sudah terasa basah dan tampak kotor.

Credit Image: Alexas_Fotos | pixabay.com

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.