Dering Telpon Tengah Malam
4 September 2016 – 12:00 am | No Comment

Pernahkah anda mendapat telpon di tengah malam yang membawa berita buruk? Sebaiknya anda tetap tenang. Siapa tahu berita buruk itu adalah momen yang anda tunggu-tunggu.

Read the full story »
LeoJuliawan.net

My fifty cents or less.

WirausahaIndonesia.com

Entrepreneur bold + Professional management.

Rekan-Kantor.com

A cup of coffee to inspire workers, managers, leaders even CEOs.

Cabinoo.com

Things come out from my shelves, drawers, folders and anywhere.

101

You may find this somewhere else. But, it is not a copy-pasting.

Home » Life 101

4 Kebiasaan Sehat Mereka Yang Ramping Alami

Submitted by on 26 July 2016 – 12:00 amNo Comment

Sarapan yang sehat, bergizi dan seimbang diyakini akan mendorong anda untuk tetap memilih makanan yang sehat pula sepanjang hari. Jadi, mulailah hari dengan sarapan sehat dan cukup.

Selalu ada orang-orang di sekitar kita yang tampaknya begitu mudah menjaga bentuk tubuh yang ramping meski mereka tetap menyantap makanan kegemaran, tidak melewati dessert atau tidak perlu berlama-lama workout di gym. Namun pada kenyataannya mereka, yang membuat kita iri itu, sebenarnya bekerja jauh lebih keras dari yang kita bayangkan untuk menjaga keseimbangan gaya hidup yang sehat. Mereka mungkin tidak perlu menghitung kalori setiap saat atau mengikuti aturan diet yang ketat, namun mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membantu angka timbangan tetap stabil sepanjang tahun.

Para peneliti di Cornell University baru-baru ini membuat program online “Global Healthy Weight Registry” untuk mengidentifikasi perilaku sehari-hari yang membantu orang menjaga berat badan yang stabil dan sehat sepanjang usia dewasa mereka. Program ini terbuka untuk mereka yang berhasil menjaga berat tubuh mereka tidak berfluktuasi lebih dari 2,5 sampai 5 kg. Dan mereka melakukan itu tanpa bimbingan dari dari ahli gizi atau profesional kesehatan lain.

Meski database yang tersedia masih dalam tahap awal pengembangan serta hasilnya bias karena peserta program ini memilih diri mereka sendiri, namun hasil dari 147 peserta menunjukkan beberapa gaya hidup sehat yang wajar yang sebenarnya telah disarankan oleh para ahli bertahun-tahun lalu.

1. Mulailah hari dengan sarapan yang sehat dan cukup.

96% peserta melaporkan bahwa mereka selalu memulai hari dengan sarapan. Meski penelitian terbaru yang dilakukan secara acak gagal membuktikan bahwa sarapan dapat mempercepat proses penurunan berat badan, namun data menunjukkan sarapan memberikan dampak penting bagi mereka yang secara konsisten mampu menjaga indeks massa tubuh (BMI) normal serta mereka yang yang berhasil menurunkan berat badan.

Sarapan yang sehat dan seimbang diyakini mendorong orang untuk tetap memilih makanan yang sehat pula sepanjang hari. Memulai hari dengan sarapan sehat akan membantu orang untuk melakukan pola makan yang sehat pula. Sebagai contoh, mereka yang menghabiskan kue muffin besar untuk sarapan akan segera mencari kompensasi karena “refined” karbohidrat dalam muffin tidak bertahan lama. Peserta dalam program “Global Healthy Weight Registry” lebih memilih makanan yang bergizi. 51% memasukkan buah dan sayur kaya serat dalam menu sarapan mereka. Sedangkan 31% menambahkan telur.

2. Menyantap makanan utuh “Whole Foods” dan “Unprocessed Foods”.

Sama seperti sarapan, para peserta melaporkan mereka menyantap makanan utuh (whole foods) kaya nutrisi untuk makan siang, makan malam maupun camilan. 65% responden memilih sayur-sayuran untuk makan malam. 35% memilih salad untuk makan siang. Untuk camilan, buah dan kacang adalah pilihan paling populer.

Makanan yang diproses, terutama camilan, seperti kripik, kue dan biskuit cenderung padat kalori dan mendorong orang memakannya secara berlebihan. Oleh karena itu, memilih buah, sayur, kacang, biji-bijian, kedelai, gandum utuh dan protein tanpa lemak sebagai menu harian adalah pilihan yang cerdas untuk memangkas kalori tanpa harus repot menghitung-hitung kebutuhan diet anda. Cara termudah untuk memulai: saat makan siang dan makan malam, penuhi setengah porsi piring anda dengan sayur-sayuran non tepung, seperti daun-daunan hijau, selada, brokoli, buncis, wortel dan kembang kol.

3. Menyisihkan waktu untuk aktifitas fisik.

Anda tak perlu berlatih maraton, mengambil kelas kickboxing yang melelahkan, atau bersepeda 90 menit setiap hari untuk tetap langsing. Aktifitas fisik normal tampaknya merupakan kunci penting dalam kehidupan yang sehat. Data dari progam “Global Healthy Weight Registry” menunjukkan hampir 70% peserta mengaku melakukan latihan fisik setidaknya 3 kali seminggu (yang mengagumkan lebih dari separuhnya berolahraga hingga 5 sampai 7 hari). Anda tidak perlu menjadi anggota klub gym. Berjalan kaki secara rutin adalah aktifitas fisik yang paling sederhana dan mudah dilakukan semua orang.

4. Jangan makan sambil lalu, makanlah dengan penuh kesadaran.

Hampir 75% peserta mengaku jarang atau tidak melakukan program diet, namun itu bukan berarti mereka makan apa pun dan kapan pun mereka mau. Sebaliknya, mereka menerapkan strategi menahan diri yang lain untuk menjaga pola makan; semisal, mereka makan dan berhenti makan berdasarkan sinyal lapar dan kenyang. Mulailah belajar mengenal dan mengandalkan sinyal dari dalam tubuh untuk memulai dan berhenti makan daripada bereaksi terhadap hal-hal di luar tubuh. Semisal, makan karena melihat iklan.

Namun yang terpenting adalah jadilah individu yang penuh kesadaran saat makan. Dengan memperlambat dan menikmati makanan, anda akan merasa lebih puas dengan porsi yang lebih kecil serta mencegah anda menuruti selera nafsu makan. Strategi ini bisa membantu anda makan secara lebih intuitif dan mengembangkan hubungan yang baik dengan makanan.

Tulisan ini disadur dari artikel “4 Healthy Habits Naturally Thin People Swear By” oleh Johannah Sakimura, RD, yang diterbitkan 1 Maret 2016.

Credit Image: Couleur | pixabay.com

VN:F [1.9.18_1163]
Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.